Hasil Survey Kepuasan Masyarakat Triwulan I
Jumat, 23 Juni 2023, 08:53:06 | Dibaca: 162
Telah dilaksanakan rapat Evaluasi pengukuran Kepuasan Masyarakat melalui Survei Indeks Kepuasan Masyarakt pada tanggal 28 April 2023, data diambil dari Aplikasi Indeks Kepuasan Masyarakat Kecamatan Medan Perjuangan dengan keseluruhan Responden sejumlah 395 Responden.Dari keseluruhan Kuesioner dapat terisi dengan baik, secara manual menggunakan form kuesioner maupun secara elektronik menggunakan Smartphone dengan menscan Barcode yang tertera di ruang pelayanan, sehingga data diolah secara sistematis melalui Aplikasi Indeks Kepuasan Masyarakat Kecamatan Medan Perjuangan dan dianalisis lebih lanjut. Sehingga diperoleh kategori Mutu Pelayanan adalah sebagai berikut :
- Jumlah Responden : 395 Responden
- Nilai Interval IKM : 87,71
- Kategori Mutu Layanan : A (sangat Baik)
Dari Pengukuran Indeks Ke puasan Masyarakat di Kecamatan Medan Perjuangan dapat diketahui bahwa mendapatkan nilai Sangat Baik dengan nilai Interval IKM 87,71.
Kecamatan Medan Perjuangan melaksanakan tindak lanjut terhadap Kepuasan Masyarakat secara berkala antara lain:
- Diperoleh kategori Mutu Pelayanan Sangat Baik, dari penilaian terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat yang dilakukan oleh masyarakat yang telah menerima pelayanan di Kantor Camat Medan Perjuangan.
- Pelayanan yang diterima oleh masyarakat di Kantor Camat Medan Perjuangan berupa pengurusan Administrasi Kependudukan (e-KTP, Kartu Keluarga, Surat Pindah Masuk dan Surat Pindah Keluar, Akta Kelahiran), Legalisir berkas, PenandatangananSurat-surat keperluan lainnya seperti surat keterangan untuk masuk TNI/POLRI, keperluan untuk menikah dan lainnya, Pengurusan Surat Pernyataan Ahli Waris.
- Diperlukan upaya untuk mempertahankan Kualitas Pelayanan yang sudah diperoleh dengan melakukan peningkatan Kualitas secara konsistenj dan melalukan monitoring dan evaluasi secara berkala.
- Dalam hal peningkatan kedisiplinan dan Tanggung Jawab Petugas dalam memberikan pelayanan Publik melalui pemberian pelatihan/training untuk meningkatkan ketrampilan dan etos kerja atau motivasi petugas pelayanan publik dalam menjalankan dan meningkatkan standar pelayanan.
- Perlunya renovasi untuk ruang tunggu yang lebih nyaman bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan di Kantor Camat Medan Perjuangan.
- Untuk bidang pelayanan pengaduan perlu ditingkatkan dengan inovasi yang lebih baik.
- Perencanaan hal-hal terkait untuk peningkatan pelayanan terhadap masyarakat diperlukan dukungan dari seluruh ASN dan non ASN di Kantor Camat Medan Perjuangan.